Pengertian Google dan Sejarah nya

Pengertian Google dan Sejarah nya - Google pastinya merupakan sebuah kata yang sudah tentu tidak asing kita dengar di telinga kita. Setiap hari bertriliun orang di dunia ini terlibat dengan kata yang satu ini baik itu untuk kepentingan bisnis mereka, pembelajaran, hiburan dan lain sebagainya. Google sendiri sebenarnya merupakan sebuah perusahaan yang utama nya bergerak dalam penyediaan produk mesin pencari meskipun sekarang ini Google telah mengembangkan banyak sekali produk lain selain pencarian dan bahkan situs sebesar Youtube pun sekarang sudah milik Google.
Di ndonesia sendiri setiap orang mengenal kata Google ini, bahkan kita sering mendengar kata “Googling” untuk mewakili maksud dari melakukan pencarian di google, bahkan ada juga istilah “Mbah Gugel” atau “Om Google” untuk menyebut perusahaan berbasis Online terbesar di dunia ini. Memang manfaat dari Google ini sangat banyak, kita bisa mencari apapun yang kita butuhkan melalui jasa pencarian Google, namun pernahkah Anda mencari tahu apa sih pengertian Google yang sebenarnya itu, bagaimana sejarah Google itu sendiri dan mengapa perusahaan ini memilih kata Google sebagai nama mereka?
Pengertian Google

Google

Pengertian Kata Google

Secara sederhana pengertian Google secara harfiah menurut kamus online dictionary.com berarti mencari. Namun karena kedigdayaan google dalam menguasai seluruh pencarian di internetPengertian, Tujuan dan Jenis Jaringan Komputer dan Internet. Selengkapnya.. » membuat kata google ini langsung tertuju pada sebuah perusahaan mesin pencarian tersebut. Unik nya, kata Google menurut pendiri Google sendiri yaitu Larry dan Sergey ternyata tidak memiliki sebuah arti yang spesifik. Google sendiri kata mereka adalah sebuah kata plesetan dari kata “googlo” yang merupakan sebuah istilah Matematika dari negeri paman sam yang berarti bilangan besar 10 pangkat 100, atau meupakan angka 1 dan ditambahi dengan angka 0 sebanak 100 buah. Istilah ini mungkin dimaksudka mengingat Google merupakan sebuah  mesin pencari yang memang didesain memuat database pencarian hasil yang tidak terbatas dan selalu bertambah tiap detik nya. Dan tradisi dari istilah Googlo yang diplesetkan menjadi Google ini sendiri masih dipertahankan hingga sekarang di halaman utama hasil pencarian Google seperti pada gambar dibawah ini.

Sejarah google

Googol

Menurut sumber dari wikipedia.org, istilah googlo ini mulai dipopulerkan pada sekitar tahun 1920 oleh Milton Sirotta berusia 9 tahun (1911-1981), yang merupakan seorang keponakan dari ahli matematika Amerika Serikat yang bernama Edward Kasner. Kemudian paman nya tersebut mulai mempopulerkan istilah ini dan konsel penggunaannya di dalam sebuah buku yang ia tulis pada saat itu yang berjudul Mathematics and the Imagination(1940). Istilah Googlo memang sangat jarang dijumpai pada saat ini dalam dunia matematika, namun istilah ini sangat berguna ketika kita membandingkan sebuah bilangan yang sangat besar seperti jumlah partikel subatomik yang ada di jagat raa ataupun jumlah kemungkinan maupun peluang dalam memainkan Game Catur dan lain sebagainya.
Google pada mula nya berdiri hanya merupakan produk penacarian lokal yang tidak menyangka bisa menjadi sebesar sekarang ini. Sejarah dari berdirinya Google ini sendiri sangat unik untuk kita ketahui. Pendirian Google dimulai pada bulan Januari 1996 dimana Larry dan Sergey membuat search engine yang pada saat itu diberi nama BackRub. Setahun setelah berhasil dibuatnya Backrub tersebut ternyata banyak mengundang ketertarikan dari banyak pihak karena penemuan tersebut hingga menyebar ke seluruh kampus tempat mereka berdua melaksanakan study mereka, namun Larry dan Sergey tidak berhenti begitu saja, mereka berdua terus mengembangkan calon mesin tercanggih ini sambil mencari investor yang mau membiayai mereka.
Hingga pada tahun 1998 seorang teman kampus mereka dan juga merupakan pendiri dari SUN Microsystem yaitu Andy Bechtolsheim pun merupakan investor pertama Google yang memberikan suntikan dana bagi pengembangan Google pada masa itu. Namun sayang nya bantuan dana dari Andy tersebut tidak bisa dimanfaatkan oleh google dengan baik karena pada saat memberikan suntikan dana, Andy memberikan nya pada sebuah perusahaan bernama Google, padahal pada saat itu Google belum lah sebuah perusahaan seperti yang disebutkan pada cek sehingga bantuan tersebut tidak bisa diambil. Namun berkat kegigihan Larry dan Sergey yang tak pernah menerah tersebut, mereka perlahan mengumpulkan dana dari saudara, teman-teman meraka dan orang yang mau ikut menyumbang sebagai modal pendirian Google hingga akhirnya terkumpul dana sekitar 1 juta dolar amerika pada saat itu. Dana tersebut sudah mampu untuk mendirikan Google sebagai sebuah perusahaan yang resmi. Google didirikan pada tanggal

7 September 1998 di Menlo Park, California.

Seiring berjalannya waktu dan semakin meluasya dampak dari Internet ke masyarakat, Google pun terus melebarkan sayap bisnis mereka, mulai dari pengembangan teknis dan fungsi dari mesin pencarian tersebut seperti penambahan fitur google image search, google product search google map dan lain sebagainya hingga pengembangan bisnis dengan cara mengakusisi perusahaan besar lain seperti Admob, youtube dan lain sebagainya. Hal itu menjadikan Google seolah menjadi raja di dunia Internet hingga saat ini. Bahkan kantor Google pun sudah ada hampir di semua negara di Dunia ini termasuk indonesia yang didirikan pada sekitar tahun 2011 kemarin.

Pengertian Google dan Sejarah berdirinya Google ini sendiri memiliki arti tersendiri bagi kita untuk selalu berinovasi dan berusaha terus menerus tanpa pernah berhenti meskipun banyak sekali terhalang kendala-kendala yang umum terjadi. Memang kesuksesan seperti sudah tertulis pada garis tangan seseorang, namun jika Kita terus berusaha pasti akan mendapatkan hasil diwaktu yang akan datang. Demikian sedikit tulisan mengenai Pengertian Google dan Sejarah nya ini, semoga bermanfaat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
pendiri google pendirian google Pengertian Google sejarah google

Beri Komentar

Scroll To Top
Email
Print