Membuat Bootable DVD atau FlashDisk Untuk Install Windows 7 Pake FlashDisk

Beberapa hari lalu DVD Room latop saya rusak, gak bisa dipake lagi nih kayaknya. Sebenernya kalo cuma untuk nonton film atau music sih gak begitu repot, bisa download atau bisa juga pake flashdisk. Nah tapi kalo mau install ulang OS repot juga kalo DVD room gak bisa dipake kan. ini baru laptop saya yang rusak DVD room nya, belum lagi kalo anda punya notebokk yang tanpa DVD room itu, tentunya harus bisa install OS dengan flashdisk atau hardisk kan?. Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan tips untuk Membuat Bootable DVD atau FlashDisk Untuk Install Windows 7 atau OS yang lain pake FlashDisk. Syarat yang pertama agar Anda dapat membuat file bootable dari DVD atau USB flash drive adalah anda harus punya Flashdisk atau DVD yang muat buat nampung file instalasinya. tergantung ukuran dari file instalasinya, ada yang 2GB, 2,5GB, 4GB, bahkan 6GB. Lalu siapkan juga file ISO dari OS yang ingin anda jadikan bootable Flashdisk atau DVD. Yang terakhir adalah anda diharuskan mendownload software nya, kali ini kita menggunakan software dari microsoft yang bernama  Windows 7 USB/DVD Download Tool. dengan software ini kita dapat menciptakan media bootable yang memungkinkan kita untuk menginstal Windows 7 tanpa harus terlebih dahulu menjalankan sistem operasi yang ada pada komputer kita. Jika anda mengubah urutan boot dari drive di BIOS komputer anda, anda dapat menjalankan instalasi Windows langsung dari flashdisk USB atau dari DVD ketika Anda pertama kali menyalakan komputer Anda.

Untuk menginstal perangkat lunak, Anda dapat membuat satu salinan file ISO pada sebuah disk, USB flash drive, atau media lainnya.

Setelah Anda telah menginstal perangkat lunak dan menerima persyaratan lisensi yang menyertai perangkat lunak, persyaratan lisensi yang berlaku untuk penggunaan perangkat lunak. Persyaratan lisensi untuk Windows 7 mengizinkan Anda untuk membuat satu salinan dari perangkat lunak sebagai salinan cadangan untuk re-instalasi pada komputer berlisensi. Jika Anda tidak menghapus salinan file ISO setelah menginstal Windows 7 perangkat lunak, salinan jumlah file ISO sebagai salah satu salinan back-up.

UNTUK MENGINSTAL WINDOWS 7 USB / DVD ALAT DOWNLOAD:

Klik untuk membuka Windows 7 USB / DVD Download file alat instalasi.
Ketika Anda diminta untuk baik menyimpan file ke disk atau menjalankannya, pilih Run.
Ikuti langkah-langkah dalam dialog konfigurasi. Anda akan memiliki pilihan untuk menentukan di mana untuk menginstal Windows 7 USB / DVD Alat Download.

CATATAN: Anda harus menjadi administrator pada komputer Anda menginstal Windows 7 USB / DVD tool Download di. Alat ini memerlukan Microsoft Framework versi. NET 2.0 atau lebih tinggi.

PERSYARATAN SISTEM

Windows XP SP2, Windows Vista, atau Windows 7 (32-bit atau 64-bit)

Pentium 233-megahertz (MHz) processor atau lebih cepat (300 MHz disarankan)

50MB ruang bebas pada hard drive Anda

DVD-R drive atau removable 4GB USB flash drive

UNTUK PENGGUNA WINDOWS XP

Aplikasi berikut ini harus diinstal sebelum menginstal alat:

Microsoft NET Framework. 2.0 harus diinstal. Hal ini dapat didownload di sini.
Microsoft Gambar Menguasai API v2 harus diinstal. Hal ini dapat didownload di sini.

MENGGUNAKAN WINDOWS 7 USB / DVD ALAT DOWNLOAD

Sebelum Anda menjalankan Windows 7 USB / DVD Alat Download, pastikan Anda telah membeli Windows 7 ISO download dari Microsoft Store dan telah men-download Windows 7 file ISO ke hard drive Anda. Jika Anda telah membeli Windows 7 tapi belum men-download file ISO, Anda dapat men-download file dari Rekening Anda Store Microsoft.
MEMBUAT COPY DARI 7 FILE ANDA WINDOWS ISO:

Klik tombol START Windows, dan klik WINDOWS 7 USB / DVD ALAT DOWNLOAD dalam daftar PROGRAM ALL untuk membuka Windows 7 USB / DVD Alat Download.
Pada kotak FILE SUMBER, ketik nama dan path dari 7 file Windows ISO, atau klik BROWSE dan pilih file dari kotak dialog OPEN. Klik NEXT.
Pilih USB DEVICE untuk membuat copy pada flash drive USB atau pilih disk DVD untuk membuat copy pada disk DVD.
Jika Anda menyalin file ke USB flash drive, pilih perangkat USB Anda dalam daftar drop-down dan klik BEGIN COPYING. Jika Anda menyalin file ke sebuah DVD, klik BEGIN membara.

Ketika Anda Windows 7 ISO file disalin ke media yang Anda pilih, instal Windows 7 dengan pindah ke root folder dari DVD atau USB flash drive, dan kemudian klik dua kali Setup.exe.

Nah untuk proses nya bisa lihat di screenshot berikut ini:

Pilihlah File ISO dari file yang akan anda jadikan bootable device dengan klik tombol browse.Setelah file ISO dipilih, klik USB device karena pada kasus kita kali ini kita akan membuat flashdisk bootable, kalo lain waktu kalian ingin membuat DVD bootable kalia bisa memilih yang DVD diatas. Pastikan Flash anda sudah dimasukkan di komputer, volume mencukupi dan tentunya sudah diformat terlebih dahulu.Setelah itu, pilih flashdisk yang telah anda masukkan tadi, pada gambar diatas saya menggunakan Kingston 4GB, kemudian klik Begin Copying.Tunggu proses diatas sampai selesai dan sampai muncul tulisan Bootable USB device created successfully seperti dibawah ini.Nah, mudah sekali bukan membuat Flashdisk bootable untuk instal ulang windows kita. setelah kita memiliki flashdisk bootable yang berisikan file instalan OS ini kita hanya perlu menagtur booting priority pada BIOS setting menjadi USB device pada pilihan prioritas teratas nya apabila kita ingin menginstal OS . Semoga artikel yang saya buat ini membantu dan selamat mencoba.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
install ulang windows dengan flash disk membuat bootable Flashdisk

One comment

  1. infonya joss… menarik untuk dicoba :)

Beri Komentar

Scroll To Top
Email
Print