Bagaimana Cara Memilih Hardisk Yang Baik?

Hardisk tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu bagian yang terpenting pada komputer atau laptop Anda. Dengan adanya hardisk yang bagus dan dengan kapasitas sesuai kebutuhan pastinya akan membuat aktifitas Anda menggunakan komputer jadi lebih lancar. Pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan beberapa tips mengenai  Bagaimana Cara Memilih Hardisk Yang Baik.

Cara Memilih Hardisk Yang Baik

Hardisk

Dalam memilih hardisk, tentu saja bukan hanya kapasitas hardisk saja yang harus diperhatikan. Namun beberapa aspek lain seperti kemampuan buffer, rpm, interface dan lain sebagainya yang ada pada hardisk juga harus diberi perhatian khusus. Berikut ini merupakan sedikit tips mengenai cara memilih hardisk yang baik yang Kami kutip dari medanlab.blogspot.com:

1. Kapasitas Hardisk
Sehubungan dengan kapasitas, mungkin jika Anda mendengar kata hardisk pikiran Anda langsung tertuju pada kapasitas dari hardisk tersebut. Memilih hardisk yang baik juga harus menimbang berapa kapasitas yang dimiliki oleh hardisk tersebut. Jika Anda ingin membeli hardisk, sebaiknya sesuaikan kapasitas hardisk yang akan anda beli dengan kebutuhan Anda dan tentunya sesuaikan juga dengan harga yang ditawarkan.

2. Memilih Jenis Hardisk
Ada dua jenis hardisk yang saat ini kita kenal. yaitu hardisk internal dan hardisk eksternal. Kedua jenis hardisk ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. hardisk internal memiliki harga yang tentu saja lebih mahal dibandingkan dengan ekternal. Namun hardisk tipe ini biasanya memiliki kecepatan yang lebih baik ketimbang hardisk ekternal. Namun jika Anda menggunakan hardisk ekternal, kelebihan yang dimiliki nya adalah dapat dengan mudah dibawa kemana-mana layaknya flashdisk. Namun tentunya dengan kapasitas yang lebih besar. Untuk itu silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

3. Buffer Hardisk
Buffer  merupakan lebar jalan masuk dan keluar data yang disimpan. Semakin lebar buffer ini maka tentunya akan semakin mempercepat kinerja hardisk tersebut. Saat ini buffer pada hardisk dibagi menjadi 2 MB, 8MB dan 16 MB.

4. RPM atau Kecepatan Putar hardisk
hardisk dengan Rpm 5.400 itu berarti bahwa hardisk tersebut mampu berputar 5.400 kali dalam 1 menit. Pada umumnya kecepatan putar pada hard disk adalah 7.200 rpm dan 10.000 rpm. Hardisk yang memiliki rpm tinggi biasanya lebih cepat dalam mengelola data. Namun juga harga nya cenderung lebih mahal, selain itu hardisk yang memiliki rpm tinggi biasa nya mengeluarkan suara yang agak berisik.

5. Mechanical hardisk dan Solid State Disk
hardisk mechanical memungkinkan Anda memiliki hardisk dengan kapasitas yang lebih luas, memiliki kecepatan yang baik dan konsisten, serta mendapatkan nya dengan harga yang lebih murah. Sedangkan untuk hardisk dengan tipe Solid State Disk (SSD), Anda akan mendapatkan hardisk yang tidak mudah panas, memiliki kecepatan tinggi dan tidak mengeluarkan suara berisik ketika digunakan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih hardisk yang baik yang bisa kami sampaikan. Mungkin dengan mempertimbangkan 5 hal diatas akan dapat menjawab pertanyaan tentang Bagaimana Cara Memilih Hardisk Yang Baik tersebut. Demikian yang dapat Kami sampaikan kali ini, semoga bermanfaat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
Bagaimana Cara Memilih Hardisk Yang Baik cara memilih hardisk Cara Memilih Hardisk Yang Baik hardisk murah hardisk yang bagus jenis hardisk

Beri Komentar

Scroll To Top
Email
Print